Jumat, 15 Juli 2016

Sejarah dan Perkembangan Tote Bag

Tote Bag

Tote bag telah menjadi jenis Tas yang paling banyak digunakan sejak mas lalu. Salah satu penyebab mengapa tas jenis ini banyak digunakan karena kepraktisannya tote bag ini. Tote bag memang bisa digunakan untuk banyak kebutuhan dan tujuan.

Tote bag pada dasarnya merupakan tas klasik Amerika. Tote bag membuat penggunaanya lebih nyaman membawa apa saja. Kini kebanyakan orang menggunakan tas jenis ini. Berikut akan membahas tentang kepopularannya tas jenis tote bag ini.

Sejarah dan Asal

Istilah dari "tote" adalah membawa. Jenis tas seperti ini sudah digunakan selama berabad-abad. Awalnya istilah ini belum digunakan untuk menyebut tas model "totebag"  hingga tahun 1900an. Tote bag sederhananya adalah tas besar dan terbuka sederhana dengan pegangan ditempatkan di bagiantengal masing-masing sisi. Tali dari tote bag klasik berbentuk melengkung. Namun sekarang sudah banyak macam-macam variasi yang ditemukan.

Bagian atasnya dibiarkan terbukauntuk memudahkan pengguna memasukkan dan mengambil barang di dalam tas. Akan tetapi untuk tujuan melindungi barang yang di dalam akhirnya dibuatlah tutup seperti kancing atau resleting.

Pada awalnya tote bag dibuat dari bahan kain yang keras. Kini ada beberapa bahan yang menjadi bahan pembuat tote bag adalah kain  kanvas, kain goni, nilon, dan rami. Secara tradisional penggunaan goni untuk pembuatan tote bag sudah lama digunakan negara-negara seperti Thailand dan Malaysia.

Di  negara Amerika, penggunaan tote bag mulai marak sejak LL Bean's mengeluarkan Boat Bag pada tahun 1994. Tas ini terbuat dari kanvas yang didesain untuk pelaut. Bentuknya yang kokoh dan sederhana, membuat banyak orang tertarik terutama wanitas. Sejak itulah tas tote bag mulai marak dipasaran.

Hingga pada tahun 1950an, Tote bag semakin digemari  banyak orang. Tas ini mulai digunakan wanita sebagai tas tangan. Saat itu tas lebih banyak digunakan dengan alasan fungsinya dibanding faktor gaya. Selain itu kemudahan dalam merawat juga menjadi alasan pemilihan jenis tote bag. Pada tahun itu tote bag belum dimasukkan dalam dunia fashion. Barulah pada tahun 1960an hal tersebut terjadi, saat Bonnie Cashin mengeluarkan koleksi mereka Cashin carry Tote Bags. Mereka membuat tas yang praktis tetapi juga bergaya.


Tote Bag Terlaris

Kini tote bag yang paling diminati adalah berbahan kanvas. Bahkan kepopuleran tas kanvas ini menggantikan kepopuleran dari bahan kulit. Kini tote bag semakin banyak digunakan karena dengan adanya perkembangan isu-isu lingkungan. Tote bag yang praktis kini menjadi gaya hidup untuk menggantikan penggunaan kantong kertas atau kantong plastik yang sekali pakai.

Penggunaan Tote Bag

Tote bag yang banyak digunakan saat ini terutama oleh perempuan untuk berbagai keperluan. Tas ini sebagian besar digunakan untuk tugas-tugas berat seperti berbelanja, membawa barang-barang piknik dan sejenisnya.

bahkan pria juga menggunakan tote bag untuk membawa barang-barang mereka sehari-hari untuk bekerja, dan sejumlah tujuanlain tas ini digunakan. demikian pula dikampus-kampus sangat marak penggunaan tote bag untuk membawa peralatan-peralatan kuliah. Tote Bag juga dapat dengan mudah ditemui sebagai goodie bag untuk acara-acara seminar, souvenir pernikahan maupun ulangtahun. Kini seiring dengan kemajuan teknologi cetak, Tote bag dapat dibuat lebih personal. Anda bisa mencetak foto ataupun kalimat-kalimat Anda yang didesain pada tote bag tersebut.

Demikian Sejarah dan Perkembangannya Tote Bag. Semoga bermanfaat. :) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar